Home Berita Candi Gempur tak Lagi Terkubur

Candi Gempur tak Lagi Terkubur

646
0
SHARE

Situs Candi Gempur berlokasi di Desa Adan-Adan Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri menyorot perhatian public. Setelah beberapa waktu lalu dikabarkan tidak terurus dan terkubur. Tim Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puslit Arkenas) melakukan penggalian pada 4 titik. Bahkan, tim tersebut memutuskan untuk memperluas area  penggalian, Sabtu (30/9).

Setelah menemukan arca Dwarapala, kini tim kembali menemukan beberapa pondasi seperti batu umpak dan pecahan tembikar serta keramik saat menngali di kedalamam sekitar 3 meter dari permukaan tanah.

Baca juga : Candi Gempur yang Nyaris Terkubur

Ketua tim Puslit Arkenas, Sukawati Susetyo saat ditemui di lokasi penelitian menyatakan, bahwa pihaknya harus memperluas titik galian karena ingin mengetahui keberadaan pasangan Arca Dwarapala di sebelah kiri dekat Makara.

“Kita perluas penggalian di 4 titik agar struktur bisa diketahui lebih detail. Untuk kesimpulan sementara ini, posisi pintu gerbang atau pintu masuk Candi mengarah ke barat daya. Ini berdasarkan posisi Arca Dwarapala dan Makara,” ujar Sukowati Susetyo.

Baca juga : Arca Dwarapala Ditemukan di Situs Candi Gempur

Dalam penggalian yang direncanakan selama 10 hari ini, Puslit Arkenas telah berhasil menemukan beberapa benda purbakala. Diantaranya Arca Dwarapala, pecahan tembikar dan keramik.

“Untuk Arca Dwarapala yang sudah ditemukan, ukuran tinggi 180 cm dan lebar hingga bahu 90 cm. Sementara untuk temuan pecahan tembikar dan keramik bentuknya masih kita teliti lebih lanjut,” ujar arkeolog senior ini.

Lokasi Temuan di Pekarangan Warga

Seperti dikabarkan sebelumnya, Candi Gempur terletak di kebun durian milik Syamsudin warga desa setempat. Selama ini bangunan Candi hanya tampak sepotong-sepotong dibagian atas karena tertimbun tanah. Lokasi ini hanya dibatasi pagar berduri dengan luas 1400 meter persegi.

Dilansir dari AGTVnews.com, di lokasi Candi Gempur sebelumnya hanya terdapat sepasang Arca Makara, komponen batu Andesit yang memiliki ragam hias, batu bata kuno dan beberapa jenis pahatan Arca lainnya.

sumber : agtvnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here