Home Kesehatan Kelebihan dan Kekurangan Gula Batu

Kelebihan dan Kekurangan Gula Batu

204
0
SHARE

Kandungan Gizi Gula Batu

Dalam setiap 5 gram gula batu mengandung sekitar 20 kalori dan 2 persen manfaat karbohidrat. Gula batu tidak mengandung lemak, kolesterol, serat, protein, zat besi dan kalsium. Jadi gula batu hanya mengandung kalori dan karbohidrat saja. Konsumsi gula batu ini juga dianggap baik, berikut ini beberapa alasannya :

Gula Batu Tidak Mengandung Lemak Jenuh

Lemak jenuh merupakan jenis lemak yang didapatkan dari hewan dan bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Konsumsi lemak jenuh harus dibatasi dalam jumlah tertentu karena jika konsumsi terlalu tinggi maka bisa meningkatkan kadar kolesterol dan efek buruk berupa penyakit jantung.

Gula Batu Tidak Mengandung Kolesterol

Kolesterol adalah sebuah jenis zat lilin yang banyak ditemukan pada daging hewan dan bisa mengendap dalam darah manusia. Kolesterol baik diperlukan untuk beberapa fungsi seperti produksi manfaat vitamin D, steroid dan juga sistem kerja empedu. Namun kolesterol yang terlalu tinggi sangat dekat dengan resiko penyakit jantung. Kolesterol tidak bisa bekerja banyak untuk tubuh dan darah karena jenis kolesterol dari lemak jenuh lebih banyak menumpuk dalam darah.

Gula Batu Tidak Mengandung Sodium

Sodium adalah sebuah sebuah zat yang bermanfaat penting untuk mendukung keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan pH dalam tubuh serta penting untuk kontraksi otot. Konsumsi sodium yang terlalu tinggi bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan berbagai resiko penyakit bawaan lain seperti stroke, penyakit jantung, diabetes dan penyakit lain.

baca juga : Manfaat Gula Batu Bagi Kesehatan

Kekurangan dari gula batu

Memiliki Kandungan Pati Tinggi

Gula batu termasuk dalam jenis gula dengan kandungan pati, serat dan gula dalam jumlah yang cukup tinggi. Gula batu yang diolah dari jenis tumbuhan seperti tanaman tebu, tapi tubuh tidak memiliki kemampuan untuk mengukur jenis gula alami dan gula buatan. Konsumsi gula yang berlebihan banyak menimbulkan resiko seperti obesitas, diabetes, dan berbagai jenis penyakit komplikasi lain yang erat hubungannya dengan kelebihan kadar kolesterol dalam darah.

Tidak Baik untuk Gigi

Konsumsi gula batu berlebihan dengan cara mengunyah atau makan langsung gula batu bisa menyebabkan kerusakan gigi. efek dari gula baru ini memang sama seperti efek terlalu banyak mengkonsumsi permen. Namun efek buruk ini bisa diatasi dengan segera menggosok gigi setelah makan gula batu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here