Home NUSANTARA Labuhan Bajo, Kota Kecil dengan Segudang Keindahan

Labuhan Bajo, Kota Kecil dengan Segudang Keindahan

757
0
SHARE

Labuan Bajo merupakan salah satu desa dari 9 desa dan kelurahan yang berada di kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, provinsi Nusa Tenggara Timur. Selain sebagai ibukota kecamatan, Labuan Bajo juga merupakan ibukota Kabupaten. Saat ini, Labuan Bajo telah berkembang dan beralih status menjadi Kota Labuan Bajo.

Wilayahnya meliputi; Kampung Ujung, Kampung Tengah, Kampung Air, Lamtoro, Wae Kelambu, Wae Medu, Cowang Dereng, Wae Kesambi, Wae Bo, Lancang, Sernaru, Wae Mata, Pasar Baru, Pede, dan Gorontalo.

Kota kecil di tepi pantai sebelah barat Pulau Flores ini, banyak memiliki fungsi strategis, antara lain;

Sebagai pusat pemerintahan;

Labuhan Bajo adalah ibukota kecamatan dan juga kabupaten. Di sana terdapat beberapa pusat pemerintahan mulai dari Kantor Bupati Manggarai Barat, Kantor DPRD, Kantor Camat dan Kantor Dinas pemerintahan.

Sebagai pusat pendidikan;

Terdapat 4 sekolah lanjutan atas (SMAN 1 Komodo, SMKN 1 Komodo, SPM, SMA Katolik Loyola), dan 4 sekolah lanjutan pertama (SMPN 1 Komodo, SMPK Loyola, SMPK Arnoldus, MTs)

Sebagai pusat perdagangan;

Sejak dulu, Mbajo (begitulah orang local menyebut) merupakan tempat berlabuhnya para pedagang dari Makasar (Bajo dan Bugis), hingga dibangunnya Dermaga Ferry, Pelabuhan PELNI, dan Bandar Udara Komodo.

Sebagai pusat pariwisata;

Banyak tempat wisata banyak di Labuan Bajo, yang rata-rata adalah wisata pesisir pantai diantaranya; Pantai Pede, Pantai Gorontalo, Puncak Waringin, Gua Batu Cermin, dan beberapa objek wisata pantai di pulau-pulau sekitar Labuan Bajo, seperti; Wae Cicu, Pulau Bidadari, Batu Gosok/Kanawa, dan Taman Nasional Komodo.

*disadur dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here