Home NUSANTARA Lantai Batu Bata Ditemukan di Lokasi Candi Gempur

Lantai Batu Bata Ditemukan di Lokasi Candi Gempur

703
0
SHARE

Tim Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puslit Arkenas) masih terus berupaya menggali di sekitar lokasi situs Candi Gempur di Candi Gempur Adan-Adan di Desa Adan-Adan Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Jawa Timur. Setelah menemukan Arca Dwarapala beberapa waktu lalu, kini tim tersebut kembali menunjukkan hasilnya. Memasuki hari ketujuh penggalian, tim penggali menemukan lantai bangunan berbahan batu bata kuno di kedalaman 3 meter, Minggu (1/10).

Baca juga : Candi Gempur tak Lagi Terkubur

Dikutip dari agtvnews.com Susunan batu bata kuno yang masih tertata rapi tersebut ditemukan pada lubang galian sisi timur. Sementara itu di sekitar lantai juga ditemukan umpak berbagai ukuran yang terbuat dari batu andesit. Temuan lantai ini menambah jumlah temuan sebelumnya yaitu arca Dwarapala, makara, pecahan tembikar serta keramik pada kedalaman yang sama sekitar 3 meter dari permukaan tanah.

Ketua tim Puslit Arkenas, Sukawati Susetyo saat ditemui di lokasi penelitian membenarkan adanya temuan lantai pada titik galian sebelah timur. Pihaknya semakin meyakini bahwa bentuk bangunan akan secepatnya bisa diketahui.

Baca juga : Arca Dwarapala Ditemukan di Situs Candi Gempur

“Untuk penggalian hari ke tujuh ini kami dari Tim Puslit Arkenas kembali menemukan struktur lantai bangunan yang terbuat dari batu bata kuno pada kedalaman 3 meter dari permukaan tanah. temuan ini sangat sejajar kedalamannya dengan lantai Arca Dwarapala dan beberapa Arca lainnya, ” tegas Sukawati Susetyo seperti dikutip dari agtvnews.com.

Dari penemuan ini, sementara diperkirakan posisi pintu gerbang atau pintu masuk candi mengarah ke barat daya. Ini berdasarkan posisi Arca Dwarapala dan Makara serta struktur bangunan lantai yang baru ditemukan.

Baca juga : Candi Gempur yang Nyaris Terkubur

Penggalian ini direncanakan 10 hari. Temuan sementara yang berhasil didapat Puslit Arkena diantaranya arca Dwarapala, pecahan tembikar dan keramik serta bangunan lantai utuh.

sumber : agtvnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here