Home NUSANTARA Mempertahankan Sisi Historis Candi Lor

Mempertahankan Sisi Historis Candi Lor

727
0
SHARE

Indonesia sejak dahulu dikenal dengan masa-masa kejayaan kerajaan. Hal itu terlihat dari banyaknya peninggalan sejarah yang kini banyak dijadikan sebagai objek wisata. Untuk wilayah Kabupaten Nganjuk sendiri memiliki Candi Lor, yang hingga kini masih terjaga keasliannya.

Meskipun dari segi area maupun struktur bangunan Candi Lor kalah besar dibanding candi lain, namun bangunan ini memiliki sejarah tersendiri bagi masyarakat Nganjuk. Banyak yang meyakini jika Candi Lor merupakan bukti sejarah berdirinya wilayah berjuluk kota angin itu.

Tentu saja bangunan ini menjadi perhatian penting bagi pemerintah setempat. Pasalnya, selain mengandung unsur sejarah, bangunan ini juga memiliki keterkaitan terhadap budaya-budaya setempat.

Jika diamati sesaat, mungkin banyak yang menilai jika bangunan Candi Lor kurang terawat. Terlebih beberapa struktur bangunan candi banyak yang rusak. Tak ayal banyak yang berpendapat jika bangunan ini kurang diperhatikan.

Padahal justru sebaliknya. Ternyata Pemerintah Kabupaten Nganjuk maupun pengelola candi sengaja membiarkan kondisinya demikian supaya tidak mengurangi nuansa historis yang ditonjolkan objek wisata satu ini. Kendati demikian, penjagaan serta pengawasan tetap dilakukan untuk menghindari adanya tangan-tangan jahil yang merusak kemurnian Candi Lor.

Lokasi Candi Lor terletak di Desa Candirejo kecamatan Loceret kabupaten Nganjuk. Jalan untuk menuju Candi Lor sangat mudah dijangkau, baik oleh masyarakat lokal maupun wisatawan dari luar daerah. Namun sayang, jumlah pengunjung masih belum bisa membludak secara maksimal. Ditengarai hal ini karena kurangnya promosi dari dinas terkait.

Karim, Warga Nganjuk yang sering berkunjung ke lokasi ini mengaku sangat tertarik. Dia mengatakan setiap berkunjung kesini bisa menyaksikan bukti sejarah penting berdirinya kota Nganjuk. Bukti peninggalan di masa lampau ini memang sudah terlihat sangat tua. Namun masih sangat menarik untuk dijadikan sebagai objek wisata, terutama bagi yang penasaran dengan sejarahnya. “Di sini juru kuncinya juga tidak keberatan menceritakan sejarah candi,” ungkapnya.

Jika diamati lebih cermat, candi ini dibangun dengan menggunakan batu andesit sebagai bahan dasarnya. Candi Lor oleh masyarakat setempat juga dijuluki candi boto (candi batu bata-red) karena terlihat seperti susunan-susunan batu bata merah. Komponen lain dari candi ini adalah pecahan yoni dan ambang pintu.

Lokasi wisata Candi Lor ini sangat strategis karena terletak di tengah-tengah persawahan warga. Setelah tiba maka pengunjung akan disambut oleh seorang juru kunci ramah yang tidak segan bercerita tentang sejarah berdirinya candi Lor sebagai lambang sejarah utama Nganjuk. Sejarah Candi Lor & Tradisi Masyarakat SekitarCandi Lor merupakan salah satu peninggalan dari dinasti Isyana yang didirikan oleh Mpu Sendok yang merupakan kelanjutan dari kerajaan Medangkamulan. (and)

Sumber : Koran Memo

Penulis : Andik Sukaca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here