Home Berita Peluang Bisnis Menjanjikan Menjelang Lebaran

Peluang Bisnis Menjanjikan Menjelang Lebaran

577
0
SHARE
Terlihat sibuk para komunitas seni glass painting di sanggar B’Frens menggoreskan kuas pada media toples

Tulungagung – Datangnya bulan suci Ramadan membawa berkah bagi  komunitas perajin seni glass painting di Desa Majan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Mereka menghasilkan karya seni lukis di atas kaca yang digunakan untuk wadah jajanan saat Ramadan dan lebaran mendatang.

Budianto salah satu perajin glass painting mengatakan, dia beserta dengan kelima rekannya yang tergabung dalam sanggar B’Frens memilih media toples makanan ringan yang terbuat dari kaca untuk berkarya. Tak hanya sebagai penyaluran kreasi seni sekaligus sebagai lahan bisnis.

“Di bulan Ramadan ini pasti masyarakat banyak yang mencari toples. Oleh sebab itu kami mencoba memanfaatkan momen tersebut untuk meraup pundi – pundi rupiah,” katanya.

Berawal dirinya hanya membuat beberapa contoh lukisan yang kemudian diunggah ke media sosial. Dan ternyata hasil  karyanya mulai diminati, meski tidak semua membeli karena ada juga yang sekedar bertanya – tanya. “Dalam pemasaran kami masih menggunakan sistem dalam jaringan (daring) dengan memanfaatkan facebook maupun instagram. Dari situ pesanan mulai bermunculan,” katanya.

Budi menuturkan, motif yang sering digunakan dalam seni lukis tersebut meliputi flora dan fauna. Namun dia  membebaskan setiap rekannya dalam penentuan pola gambar, sesuai dengan imajinasi masing – masing. Sebab, dalam seni lukis tidak ada batasannya.

Adapun untuk harga yang dipatok setiap toples cukup terjangkau mulai dari Rp35 ribu – 45 ribu, itupun tergantung dari gambar pada toples. “Kalau gambarnya penuh yang setiap toples bisa mencapai Rp 45 ribu, namun kalau sekedar gambar biasa hanya Rp 30 ribu,” ujarnya.

Budi menjelaskan, setiap hari dia hanya mampu memproduksi dua toples dengan pola gambar yang biasa. Sebab, dalam melukis diperlukan ketelatenan karena bentuk media yang digunakan melingkar. “Saat ini kami masih mampu menyelesaikan dua toples setiap harinya,” jelasnya.

Dia menambahkan, pesanan juga sudah mulai mengalir sebelum bulan Ramadan. Pesanan datang mulai dari lokal Tulungagung dan luar daerah seperti Trenggalek, Kediri, dan Blitar. Sedangkan yang baru masuk orderan dari Sidoarjo. “Ya ini ngejar waktu, sebelum lebaran harus sudah selesai. Kami juga mempersilakan untuk para pemesan, toples bisa membawa sendiri atau dari sini juga bisa,” pungkasnya.

Sumber : Koran Memo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here