Home Pengetahuan Sarung Tangan Pintar Mampu Menterjemahkan Bahasa Isyarat

Sarung Tangan Pintar Mampu Menterjemahkan Bahasa Isyarat

536
0
SHARE

University of California San Diego (USCD) merilis temuan terbaru mereka di bidang teknologi. Sebuah sarung tangan mampu menterjemahkan bahasa isyarat jari menjadi tulisan. Media berbahasa inggris News Week, merilis video bagaimana sarung tangan tersebut dapat menyerjemahkan isyarat jari menjadi huruf “U-C-S-D”. Huruf tersebut merupakan singkatan dari tempat dimana para periset membuat temuan menakjubkan itu.

Pencapaian tersebut dipamerkan dalam sebuah video yang diposting oleh UCSD. Sarung tangan elektrik dibuat dengan biaya tidak kurang dari $ 100. Dibanguan menggunakan elektronik fleksibel yang tersedia secara komersial, sarung tangan itu dapat menerjemahkan seluruh alfabet American Sign Language ke dalam teks.

Sarung tangan yan sangat mirip dengan yang dikenakan oleh pemain bisbol ini menggunakan sensor fleksibel untuk mendeteksi gerakan buku-buku jari, yang kemudian menciptakan kunci biner sembilan digit (0s dan 1s) yang sesuai dengan sebuah surat. Sarung tangan ini juga dilengkapi dengan accelerometer dan sensor tekanan untuk membantu membedakan pergerakan huruf yang terlihat serupa satu sama lain.

Sementara menerjemahkan bahasa isyarat adalah penggunaan praktis untuk sarung tangan, para insinyur di UCSD memiliki lebih banyak pemikiran di masa depan.

“Pengenalan isyarat hanyalah satu demonstrasi kemampuan sarung tangan ini,” kata Timothy O’Connor, Ph.D. Siswa di UC San Diego dan penulis pertama sebuah studi tentang karya peneliti tersebut, mengatakan dalam sebuah pernyataan seperti dilansir newsweek.com.

“Tujuan utama kami adalah untuk membuat sarung tangan cerdas yang di masa depan memungkinkan orang menggunakan tangan mereka dalam kenyataan maya, yang jauh lebih intuitif daripada menggunakan joystick dan pengendali lain yang ada. Ini bisa menjadi lebih baik untuk permainan dan hiburan, tapi Yang lebih penting lagi untuk prosedur pelatihan virtual dalam kedokteran, misalnya, di mana akan menguntungkan untuk benar-benar mensimulasikan penggunaan tangan seseorang. ”

Pelacakan gerakan tangan memungkinkan pengguna memiliki kontrol yang lebih baik terhadap objek dalam kenyataan maya. Para periset sedang mengerjakan versi baru sarung tangan yang akan hadir dengan sentuhan: Seorang pengguna akan mengendalikan tangan robot atau virtual yang kemudian memberi sensasi sentuhan kembali ke tangan pengguna.

Sumber : newsweek.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here