Home Hiburan Wisata ke Gili Kedis di Lombok

Wisata ke Gili Kedis di Lombok

969
0
SHARE

Eksotisme Panorama Alam nan Asri

Gili Kedis, sebuah pulau kecil tak berpenghuni, dengan bentangan pesona alam menjadi salah satu destinasi wisata di Lombok. Pepatah kecil-kecil cabe rawit, pantas disematkan untuk Pulau Gili Kedis. Panorama wisata nusantara nan indah harus selalu kita lestarikan bersama

Ya. Nuansa alam yang belum banyak terjamah oleh tangan manusia, membuat suasananya masih sangat asri. Perairan nan jernih dengan pantainya mampu menghipnotis wisatawan untuk betah berlama-lama di Gili Kedis. Beragam jenis terumbu karang tumbuh subur merajut ekosistem bagi biota laut.

Wisata Gili Kedis, memberikan pengalaman yang tak dapat terlupakan kala berlibur. Selain karena memiliki potensi wisata, akses untuk menuju Gili Kedis pun terbilang cukup mudah.

Lombok memang cukup populer, dengan berbagai keindahan panorama alamnya yang mempesona. Selain memiliki tempat wisata di Lombok yang tak perlu dipertanyakan lagi, dewasa ini telah banyak bermunculan nama-nama gugusan pulau-pulau kecil atau yang biasa disebut dengan Gili.

Gili Trawangan hingga Gili Nanggu merupakan destinasi wisata di Lombok yang mulai dilirik oleh banyak para wisatawan domestik maupun mancanegara. Gili Kedis juga tak dapat ditinggalkan dalam daftar destinasi yang wajib dikunjungi. Potensi wisatanya mampu membuat siapapun terpesona, sehingga eksistensian pulau mungil ini mulai diperhitungkan.

Bagaimana tertarik berkunjung ke Gili Kedis? ada baiknya kamu simak terlebih dahulu panduan lengkapnya.

Berikut adalah panduan lengkapnya

Tulisan ini akan memaparkan secara detail liburan ke wisata Gili Kedis Lombok atau panduan lengkap menuju Gili Kedis. Semoga dari segala informasi yang disajikan dapat bermanfaat bagi para pembaca budiman sekalian.

Gili Kedis terletak di Sekotong Tengah, Lombok Barat atau tepatnya berdekatan dengan Gili Sudak. Untuk menuju Gili Kedis, sebenarnya dapat menggunakan dua pilihan rute. Yakni melalui Pelabuhan Tawun, Sekotong atau melalui Pelabuhan Lembar, bagian barat Pulau Lombok. Dengan akses perjalanan sekitar 40 Km yang memakan waktu sekitar 1 jam  dari kota Mataram.

Bila kamu memilih menggunakan akses rute Sekotong Lombok, sebagai titik start awal anda dapat memulai dari kota Mataram. Arahkan kendaraan menuju Pelabuhan Tawun dengan rute melalui Jl. A Gede Ngurah – Jl. Prabu Pangkasari – Jl. Tengah Lopan – Jl. Rumak – Jl. Raya Lembar – Jl. Dato Kedaro (arah menuju ke Lembar) – Jl. Raya Sekotong – Pelabuhan Tawun.

Setibanya di pelabuhan, anda dapat memarkir kendaraan di pinggir pantai. Pelabuhan Tawun itu sendiri bukanlah seperti sebuah pelabuhan/dermaga, disana hanya berupa pantai saja. Anda dapat menyewa perahu kecil dengan kapasitas sekitar 6 orang dengan biaya berkisar antara Rp. 300.000 – Rp. 500.000 (termasuk mengunjungi Gili Sudak – Gili Tangkong – Gili Nanggu). Penyebrangan hanya memakan waktu sekitar 10-15 menit, tergantung pula dengan kondisi lautan.

Sebelum tiba di Gili Kedis, biasanya para wisatawan akan dibawa terlebih dahulu menuju Gili Sudak, karena memang pulau ini adalah pulau yang paling dekat dengan daratan utama. Hamparan pasir putih dan pohon cemara terlihat begitu indah menghiasi pantai Gili Sudak. Biru dan jernih perairan Gili Sudak siap menyambut kedatangan para wisatawan.

Snorkling

Umumnya mereka akan bersnorkling ria terlebih dahulu, ya anggap saja sebagai pemanasan. Namun jangan keliru tentang Gili Sudak, dimana kekayaan bawah lautnya patut diancungkan jempol. Terdiri dari beragam jenis terumbu karang dan berbagai ikan dapat terlihat dengan jelas hingga jarak 15 meter. Bila anda ingin bermalam di Gili Sudak, dapat bermalam di Gili Sudak Resort. Dengan fasilitas yang cukup lengkap terdiri dari beberapa wahana permainan air seperti perahu kano dan lain-lainnya. Siapkan dana sekitar 500.000 – Rp. 600.000 untuk menginap satu malam.

Puas bermain di Gili Sudak, maka perjalanan akan dilanjutkan untuk menuju Gili Kedis dengan lama penyebrangan sekitar 10 menit. Tak terasa, nampak sebuah pulau mungil terlihat dari kejauhan itu lah wujud dari Gili Kedis. Tak cukup besar memang, hanya cukup membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit untuk memutari pulau tersebut.

Pasir putih nan halus terbentang sepanjang garis pantai terlihat menyejukkan mata. Seperti dalam penjelasan di awal, bahwasanya Pulau Gili Kedis merupakan sebuah pulau tak berpenghuni. Tentu saja tak ada fasilitas penunjang apa pun ditempat ini, hanya terdapat dua buah saung yang bisa dipergunakan untuk beristarahat saja.

Ibarat Pulau Pribadi

Bagi yang ingin bermalam di Gili Kedis, dapat berkemah/camping di Gili Kedis. Dimana suasana damai dan tenang layaknya sedang berlibur di pulau pribadi. Dengan potensi alam yang begitu mempesona, pulau ini sering dijadikan sebagai salah satu tempat untuk bulan madu di Lombok bagi pasangan muda. Namun biasanya para pasangan tersebut hanya datang untuk one day trip saja.

Perihal kecantikan baharinya, rasanya tak perlu panjang untuk menjelaskannya. Pasalnya dengan kehidupan bawah laut yang masih jarang tersentuh tangan manusia, sudah dapat dibayangkan bukan? menjadikan pengalam yang takkan terlupakan kala liburan di Gili Kedis.

Melihat segala potensi yang ada, tak salah jika menjadikan Gili Sudak dan Gili Kedis sebagai alternatif wisata di Sekotong Lombok, mengingat saat ini pantai-pantai di Lombok sudah mulai ramai. Bilamana ingin kamu mencari suasana yang berbeda, maka kedua pulau cantik ini adalah jawabannya.

Tips wisata ke Gili Kedis

  • Pelabuhan Tawun berjarak sekitar 2 kilometer dari jalan utama, jika kebingungan mending tanya penduduk setempat saja.
  • Manfaatkan fitur GPS pada smartphone sebagai pemandu perjalanan.
  • Usahakan sampai di Pelabuhan Tawun pagi hari.
  • Bawalah powerbak yang cukup, karena fasilitas listrik belum ada.
  • Bila ingin berkemah, siapkan dengan baik segala peralatan dan kebutuhan.
  • Bawalah logistik bahan makanan dan air minum.
  • Agar tak berat, kamu dapat membeli air mineral dalam kemasan galon sekitar Pelabuhan Tawun.
  • Untuk snorkeling kamu dapat menyewa alat di sekitar Pelabuhan Tawun, tanyakan saja pada pemilik kapal yang akan kamu sewa.

Bawalah obat-obatan dan lotion anti nyamuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here